Translate

Kamis, 03 Juli 2014

DIMENSI DAN STRUKTUR PENDIDIKAN IPS

DIMENSI DAN STRUKTUR PENDIDIKAN IPS Penguasaan dan pengembangan dimensi dan struktur pembelajaran dalam PIPS,sangat penting bagi jiwa pendidik karena dalam menhadapi siswa harus berfikir abstrak dan parsial.untuk memfasilitasi kebutuhan ini mahasiswa atau calon guru perlu mempersiapkan model pembelajaran yang tepat yang didukung oleh kemampuan penguasaan terhadap dimensi-dimensi PIPS dan strukturnya. Dimensi PIPS Meliputi : 1. Dimensi pengetahuan ( knowledge ) 2. Dmensi keterampilan ( skill ) 3. Dimensi Nilai ( Value and Attitudes ) 4. Dimensi tindakan ( Action ) 1. Dimensi Pengetahuan ( Knowlage ) Setiap manusia tentunya memiliki kelebihan dan wawasan tentang pengetahuan sosial yang berbeda-beda,baik yang berfikir sebatas lingkungan dan ada juga yang berpendapat mencakup dengan keyakinan-keyakinan sosial,tentunya hal tersebut mencakup alasan-alasan yang sesuai dengan : Fakta,konsep baik Generalisasi yang di pahami oleh individu atau siswa,dan hal yang terpenting adalah Fakta yang mana merupakan data yang spesifikasi tentang peristiwa,objek,orang dan hal-hal yang terjadi yang harus dikenal terutama dalam kehidupan sehari-hari dan yang terjadi dalam lingkungan sekitar. Konsep das ar yang relevan untuk pembelajaran ips diambil terutama dari disiplin ilmu-ilmu sosial.konsep –konsep tersebut jug tergantung pula pada jenjang dan kelas sekolah,misalnya konsep “sejarah,antropologi,sosiologi bahkan ekonomi,juga dari ilmu pariwisata,geografi,sosiologi,sejarah maupun politik.Pengembangan dan Generalisasi adalah proses mengorganisir dan memaknai sejumlah dan cara hidup bermasayarakat.merumuskan generalisasi merupakan rumusan dan pengembangan konsep merupakan tujuan pembelajaran IPS yang harus di capai oleh siswa dengan tentunya bimbingan guru. 2. Dimensi Keterampilan Dalam pendidikan IPS sangan diperlukan dan memperhatikan juga dimensi keterampilan disamping pemahaman dalam dimensi pengetahuan.kecakapan mengolah dan menerapkan informasi merupakan keterampilan yang sangat penting guna mempersiapkan untuk menghadapi dunia di masayarakat sehingga siswa menjadi terampil dan siap menjadi warga negara yang berpartisipasi secara aktif dan secara cerdas dalam lingkungan masyarakat yang demokratis. Keterampilan Meneliti Dalam hal ini diharapkan mengidentifikasi,mengumulkan,menafsirkan dan mengalisis suatu data yang terjadi dalam lingkungan masyarakat sekitar atau sosial.  Keterampilan berfikir Dalam hal ini tentunya bagaimana cara berkontribusi untuk pemecahan suatu masalah yang terjadi secara akurat dan dan kreatif baik dalam menciptakan suatu hal atau proses pembelajaran dalam lingkungan kelas.  Keterampilan partisipasi sosial Dalam belajar IPS juga sisawa diharafkan bahwa siswa dapat berkomunikasi dengan baik dan bekerjasama baik secara perorangan ataupun secara kelompok.  Keterampilan Berkomunikasi Pembelajaran pada akhirnya adalah mendewasakan seorang manusia agar menjadi dewasa,karna tandanya orang dewasa ialah mampu bnerkomunikasi dengan orang lain dengan baik dan benar,serta mengungkapkan pemahan dan perasaan dengan jelas,efektif san kreatif. 3. Dimensi Nilai dan Sikap ( Value and attitudes) Pada hakikatnya sebuah nilai dipelajari dari hasil pergaulan dan komunikasi antara individu dalam kelompok baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan sosial,yaitu : a. Nilai Subtantif Merupakan nilai yang dipegang atau diyakini oleh seseorang da umumnya hasil belajar,terutama siswa bisa memahami bahwa dalam masyarakat terdapat keberagaman nilai. b. Nilai Prosedural Peran guru sangat besar karena siswa harus diarahkan dan dilatih sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran di kelas dan nilai prosedural diantaranya : Nilai kemerdekaan ,Toleransi,kejujuran menghormati kebenaran dan pendapat orang lain. 4. Dimensi Tindakan ( Action ) Tindakan sosial merupakan hal ayang sangat penting karena dapat memungkinkan siswa dapat menjadi siswa yang aktif,dan merekapun harus berlatih secara kongkrit dan praktis.agar menjadi warga Negara yang baik dalam kehidupan masyarakat. Fokus utama dari program IPS adalah membentuk individu-individu yang memahami kehidupan sosialnya dunia manusia,aktivitas dan interaksinya yang ditunjukan untuk menghasilkan anggota masyarakat yang bebas,yang mempunyai rasa tanggungjawab untuk melestarikan,melanjutkan dan memperluas nilai-nilai dan ide-ide masyarakat bagi generasi masa depan.  Struktur PIPS Model pembelajaran alternatif untuk bidang ilmu-ilmu sosial telah diperkenalkan dengan aneka ragam istilah,Seperti : Model inkuiri,berfikir kritis,pengambilan keputusan dsb.juga dalam hal penyampainkannya dikenalkan konsep Generalisasi dan Konstruk.  Model struktur Pengetahuan Pengetauan dianggap sebagi hasil kerja intelektual yang dikembangkan oleh manusia melalui proses psikologisnya.Model tersebut digambarkan dlam bentuk diagram,sbb : Atribut Ialah karakteristik atau sifat sejumlah benda ,peristiwa atau ide yang dapat dibedakan. Konsep Ialah suatu pengertian abstrak yang di asosiasikan dengan simbol sekelompok benda,peristiwa atau ide. Generalisasi ialah suatu pengertian (berupa pernyataan )yang dibentuk oleh sejumlah konsep yang saling berkaitan dan kebenarannya masih perlu di uji. Konstruk Ialah suatu organisasi dari generalisasi dan konsep yang saling berkaitan BEBERAPA PEMIKIRAN DALAM PEMBAHARUAN PEMBELAJARAN IPS Semakin derasnya aru globalisasi yang mengakibatkan semakintingginya saling ketergantungan masyarakat dunia satu dengan yang lainnya banyak menimbulkan masalah social.Dalam hal ini belajar IPS setiap lembaga persekolahan memerlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat memberikan kemampuan memecahkan masalah kepada para siswa secara individual. Menurut para ahli,pendekatan inkuiri adalah salah satu cara untuk mengatasi maslaah kebosanan siswa dalam belajar dikelas karena proses belajar lebih terpusat kepada kebutuhan siswa ( Student centered Intruction ) dengan seperti itu maka pembelajaran lebih kondusif dan humanis. Upaya Pembaharuan Pembelajaran IPS : 1. Upaya Pembaharuan Social di amerika serikat - Kurikulum studis yang lengkap - Sosial studies memberikan hubungan yang jelas antara Humainitis dan disiplin Ilmu-ilmu social dan ilmu alam. - Ameriak mempunyi dua perumusan bahan pembelajaran dan strategi pembelajaran untuk social studies( pembelajaran diorganisasikan secara terpadu dan inkuiri ) 2. Di Australia,Social studies sebagai mata pelajaran yang penting mulai dari tingkatan SD sampai SMP.Setiap guru menggunakan pendekatan ini secara langsung akan menerapkan proses belajar mengajar aktif,artinya setiap siswa akan mengikuti belajar aktif di kelas,dengan metode inkuiri dan pelontaran pertanyaan siswa atau berbasis maslah. 3. Di Indonesi pembelajaran IPS dikenal pada tahun kurikulum1975,( pendidikan Kemasyarakatan-PSPB-Sejarah/PMP-IPS) Pembelajaran IPS dengan mengunakn pendekatan inkuiri dapat diterapkan pada semua jenjang dan kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar